Header Ads

Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Info Kesehatan | Tak terasa Bulan Ramadhan telah dating kembali, tidak jarang dari kita melihat suasana bulan puasa ini familiar dengan pemandangan orang-orang yang kurang bersemangat dan lemas. Tetapi jika kita memperhatikan dengan baik, ada beberapa orang yang walau sedang berpuasa tetapi kondisi badannyatetap segar bugar, hmm apa ya rahasianya?
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

SaatSahur

  • Jika tidak terlalu suka dengan buah-buahan waktu sahur, anda bisa mensiasatinya dengan meminum jus jus buah agar tidak terjadi masalah pada BAB.
  • Usahakan untuk meminum susu, karena susu dapat mencegah kekurangan darah / anemia yang mengakibatkan badan menjadi lemas pada saat siang hari.
  • Menu makanan yang akan dinikmati sebaiknya yang mengandung banyak air atau buah - buahan sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi yang parah saat menjalani puasa. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.
  • Ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa.
  • Saat berpuasa ada baiknya menghindari makan hidangan fast-Food, gorengan ataupun makanan yang terlalu pedas pada saat sahur karena dapat mengganggu sistem pencernaan pada siang hari.

Saat Berpuasa

·         Di waktu terpanas di siang hari, hindari aktifitas fisik yang tidak perlu dan berlabih, dan juga jangan terlalu lama dibawah terik matahari secara langsung. Jika ada waktu, sempatkan untuk beristirahat, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat dzuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.
  •          Jika anda memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  •          Kerjakan tugas-tugas Anda dengan perlahan tapi pasti. Usahakan tidak menumpuk pekerjaan yang mungkin bisa membuat andastress, stress akan menyebabkan otak lelah dan tentunya perut bisa terasa lebih lapar.
  •          Istirahatlah sejenak, bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak, setalah sholat zuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.
  •          Lakukan pemanasan dan olahraga ringan seperti berjalan kaki saat berpuasa, hal ini sangat disarankan. Olahraga juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

SaatBerbuka
·         Saat terpaksa harus berbuka puasa di jalan akibat macet atau pekerjaan, jangan lupa untuk menyiapkan ta’jil sebelum Andahendak pulang. Kurma merupakan makanan ta’jil terbaik untuk memulai berbuka puasa.
·         Saat waktu buka puasa, jangan makan secara tidak terkontrol dan berlebih. Sebaiknya ikuti sunnah Rasul, yaitu dengan memakan buah kurma dan minum minuman yang manis, misalnya susu, teh, jus buah atau air mineral juga cukup bagus. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
·         Biasakan untuk segerakan berbuka, jangan suka menundanya, namun jangan kalapsaat menyantap menu buka puasa.
Sekian beberapa tips yang kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan membuat ibadah puasa anda semakin baik dan menyehatkan. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.